Pengembangan Pendidikan

  • 30 Oct 2014

Pusat-Pusat Pengembangan Pendidikan

Berikut adalah pusat-pusat pengembangan pendidikan yang terdapat di Universitas Brawijaya beserta deskripsinya:
  1. Pusat Peningkatan Dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (P3AI)

    Tujuan dan Sasaran

    1. Pusat Layanan Desain dan Pengembangan Instruksional
      • Desain Matakuliah
      • Pengembangan Kurikulum
      • Desain dan Produksi Media Pembelajaran
      • Desain dan Pengembangan Buku Teks
      • Desain dan Pengembangan Modul
    2. Pusat Penelitian dan Evaluasi Aktivitas Instruksional
      • Review Buku dan Karya Ilmiah
      • Studi tentang Pengembangan Matakuliah dan Media Pembelajaran
      • Evalulasi tentang Produk Proses Instruksional
      • Analisis kebutuhan
      • Penelitian dan kajian ilmiah dalam Pembelajaran
    3. Pusat Penelitian dan Evaluasi Aktivitas Instruksional
      • Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan dan pelatihan singkat di bidang aktivitas instruksional, Program AA dan PEKERTI
      • Pengembangan staf akademik dalam bidang aktivitas instruksional bagi dosen dan tenaga kependidikan.
    4. Pusat Pengembangan dan Layanan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
      • Media Pendidikan dan pembelajaran
      • Komputer penunjang kegiatan instruksional
      • Telekomunikasi pendidikan
    5. Pusat Konsultasi dan Kerjasama di Bidang Instruksional
      • Layanan jasa konsultasi dalam bidang instruksional
      • Kerjasama pendidikan, pelatihan, perancangan, pemantauan, riset, kajian dan evaluasi aktivitas instruksional

  2. Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan (P2RP)
    Tugas Pokok P2RP
    1. Menghasilkan kajian dan konsep pengembangan kurikulum yang memberikan kepada mahasiswa dan lulusan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan bagi pembinaan karier dalam memasuki/menciptakan pasar kerja (productive, rewarding, and socially responsive careers).
    2. Menghasilkan kajian dan konsep tentang model implementasi kurikulum yang mencerminkan interaksi dengan komunitas dunia usaha/industri, masyarakat/pemerintah, dan dunia Iptek, yang saling bermanfaat.
    3. Melaksanakan evaluasi diri untuk meningkatkan kinerja organisasi P2RP secara internal maupun eksternal dalam keterkaitannya dengan institusi pendidikan lain di lingkungan Universitas Brawijaya maupun dengan dunia luar.
    Strategi

    Untuk mencapai tujuan-tujuan di atas, disusun delapan strategi yang tersusun dalam langkah-langkah runtut yang dapat di daur ulang menurut kebutuhan, sebagai berikut :

    1. Penetapan Ruang Lingkup Kerja
    2. Penetapan Kriteria Standar Relevansi Pendidikan
    3. Formulasi Relevansi Pendidikan
    4. Analisis kurikulum dan program studi baik yang ada maupun sedang dalam perencanaan/usulan
    5. Merancang kurikulum program studi yang telah ada maupun program studi baru
    6. Implementasi kurikulum
    7. Pemantauan implementasi kurikulum
    8. Pengembangan kurikulum

  3. Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik Dan Profesional (P3AP)
    Tugas Pokok

    Mengkaji penataan fakultas, jurusan, program studi, pascasarjana dan diploma, dalam kerangka pelaksanaan pendidikan akademik dan profesional, yang sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan pembangunan nasional.

    Strategi
    1. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam aspek kewirausahaan
    2. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam aspek kepemimpinan
    3. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bahasa Inggris
    4. Peningkatan kemampuan profesionalisme mahasiswa dalam bidang aplikasi dan komputer
    5. Memasyarakatkan konsep kepemimpinan yang berwawasan kebangsaan
    6. Peningkatan wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam hal kepemimpinan
    7. Sosialisasi konsep kepemimpinan yang berwawasan kebangsaan di luar negeri
    8. Kajian masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

  4. Pusat Pengembangan Manajemen Pendidikan (P2MP)
    Tugas Pokok
    1. Melakukan kajian-kajian untuk menghasilkan konse-konsep pengembangan manajemen pendidikan yang efekstif dan efisien serta konsep-konsep organisasi pelaksana pendidikan di lingkungan Universitas Brawijaya.
    2. Melaksanakan kajian untuk menghasilkan konsep tentang strategi dan langkah-langkah menuju ke arah pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.
    3. Melaksanakan diklat singkat tentang manajemen pendidikan di lingkungan Universitas Brawijaya.
    4. Merintis dan mengembangkan kerjasama dengan instansi lain yang relevan dalam kaitannya dengan pengembangan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.

    Strategi

    Untuk mencapai misi dan tujuan diatas, disusun lima strategi yang tersusun dalam langkah-langkah runtut yang dapat di "recycling" menurut kebutuhan, sebagai berikut :

    1. Penetapan Ruang Lingkup Kerja
    2. Penetapan kriteria manajemen pendidikan yang efektif dan efisien
    3. Analisis, evaluasi dan pemantauan manajemen pendidikan
    4. Rancang ulang manajemen dan organisasi pelaksana pendidikan
    5. Sosialisasi Konsep dan Diklat.


    Untuk info lebih lengkap mengenai kegiatan Lembaga Pengembangan Pendidikan, lihat web LP3: http://lp3.ub.ac.id/

Hasil Kegiatan

Uraian hasil kegiatan yang dilakukan oleh badan-badan pengembangan dan pengkajian pendidikan

  1. Pusat Peningkatan Dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (P3AI)
    • Melakukan pelatihan pekerti dan AA bagi dosen UB dan Perguruan Tinggi di Jawa Timur.
    • Kerja sama dengan SEAMEO-SEAMOLEC dalam pelatihan penulisan bahan ajar untuk E-Learning
    • Membentuk jaringan kerjasama dengan P3AI se-Indonesia.
    • Seminar Internasional tentang penggunaan GIS dalam pendidikan jarak jauh. Kerjasama dengan SEAMOLEC dan MENRISTEK
    • Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia.

  2. Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan (P2RP)
    • Panel Forum Kelembagaan Pengembangan Relevansi Pendidikan, Ruang Lingkup Dan Tatalaksananya yang bertujuan mensosialisasikan dan mendiskusikan Ruang lingkup tugas P2RP dalam konteks pengembangan relevansi pendidikan di Universitas Brawijaya
    • Seminar Nasional Relevansi Pendidikan Tinggi Dalam Pemberdayaan Bangsa Di Tengah Komunitas Global. Tinjauan dan perspektif Pengembangan Budaya, IPTEK dan Dunia Usaha/Industri.
    • Mengikuti overseas non degree training (Instructional Design)
    • Workshop tracer study

  3. Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik Dan Profesional (P3AP)
    • Menyempurnakan Konsep Pendidikan Kewirausahaan bagi Mahasiswa
    • Mengadakan Lokakarya tentang Sistem Pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris bagi Mahasiswa.
    • Mengadakan Lokakarya Sistem Pendidikan Profesional Aplikasi Komputer bagi Mahasiswa
    • Mengadakan pelatihan Kepemimpinan yang Berwawasan Kebangsaan untuk dosen, mahasiswa, karyawan administratif serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Ormas/Orsopol, Tokoh Masyarakat/Agama di beberapa wilayah Indonesia
    • Mengadakan Penelitian tentang kebutuhan mahasiswa dalam hal kepemimpinan sebagai upaya meningkatkan Profesionalisme.
    • Menyempurnakan Pedoman Cooperative Learning

  4. Pusat Pengembangan Manajemen Pendidikan (P2MP)
    • Lokakarya pengembangan manajemen pendidikan Program Diploma di Universitas Brawijaya
    • Pengkajian konsep kriteria manajemen pendidikan yang efektif dan efisien
    • Melakukan kajian-kajian tentang implementasi TQM/MMT di perguruan tinggi
    • Mengadakan Konvensi Gugus Kendali Mutu (GKM) di lingkungan UB
    • Lokakarya pendidikan interdisipliner dan implementasi dalam bidang Hukum dan ketahanan pangan.