Penunjang Akademik

  • 30 Oct 2014

   Berikut adalah beberapa unit kerja yang termasuk dalam unsur penunjang akademik

Perpustakaan

Perpustakaan Brawijaya merupakan salah satu Program Cakupan Universitas (Institutional Support System) yang berfungsi mendukung program akademik universitas yang tertuang dalam "Tridarma Perguruan Tinggi" yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa peran perpustakaan dalam hal mendukung proses pendidikan antara lain adalah memberikan informasi, mengkoordinasikan dan menggabungkan semua bentuk layanan untuk meningkatkan proses belajar mengajar, penelitian dan layanan umum. Pada akhirnya tujuannya adalah tercapainya proses peningkatan kualitas lulusan dalam hal pengembangan wawasan dan penguasaan keilmuannya.


Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH)

Laboratorium Sentral Ilmu Hayati adalah tempat pelayanan kegiatan ilmiah bagi sivitas akademika dan berfungsi melakukan koordinasi penelitian dalam bidang ilmu-ilmu hayati dan bekerja sama dengan Jurusan/Program Studi.



Laboratorium Biosains UB

LABORATORIUM BIOSAINS Universitas Brawijaya (LBioS UB) merupakan Laboratorium riset berbasis pada Good Laboratory Practice (GLP) for production dan Good Manufacturing Practice (GMP), yang dibentuk dengan SK Rektor dalam mewujudkan laboratorium riset terpadu dalam rangka mengakomodasi sinergi A-B-G (Academy-Business-Government). LBioS UB adalah salah satu unit enterpreneur UB menuju World Class Enterprenerurial University.



Unit Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan unit yang bertanggung jawab dalam pengkajian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi Universitas Brawijaya serta melakukan pengelolaan dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi kepada segenap sivitas akademika Universitas Brawijaya.


Unit Bahasa

UPT Lintas/Bahasa bertujuan untuk memberikan pelayanan baik di lingkungan Universitas Brawijaya maupun kepada masyarakat luas di bidang penguasaan bahasa asing, bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, terjemahan serta test kompetensi berbahasa asing dan persiapannya.


Unit Pengelolaan Mata Kuliah Umum (LMKU)

UPT MKU sebagai pelaksana yang membantu tugas Rektor bidang akademis, khususnya dalam pelayanan Mata Kuliah Umum Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang terdiri dari Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan, di Fakultas maupun program D-3 Universitas Brawijaya.


Unit Penerbitan

Unit Penerbitan Universitas Brawijaya (UB Press) adalah lembaga penerbitan yang mencetak dan menerbitkan bermacam buku dalam bentuk fisik maupun elektronik (e-book).


Unit JPC

Job Placement Center (JPC) merupakan salah satu institusi di Universitas Brawijaya yang bertujuan menyiapkan mahasiswa dan alumni  menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.


Perpustakaan

UPT Perpustakan menempati luas total 5000 M2, mulai tahun 2005-2008, dilakukan pengembangan gedung perpustakaan untuk 5 lantai yang luasnya sekitar 3.600 M2 lagi. Sehingga pada tahun 2008 akan mencapai 8.600 M2.

UPT Perpustakaan menyediakan perangkat penunjang kelengkapan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menyediakan koleksi buku dan fasilitas dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa katalog online. Saat ini perpustakaan memiliki koleksi sejumlah 124.442 judul untuk 271.998 copy, diantaranya terdapat 72.251 judul buku teks untuk 171.870 copy dan jurnal CDROM sejumlah 2118 judul.

 

Alamat Kontak

UPT Perpustakaan

Kantor: Gedung Perpustakaan Universitas Brawijaya
Jalan Veteran 65145
Telepon: 0341 551611, 0341 575777 Pes. 308,
langsung: 0341 571032
e-mail: library[at]ub.ac.id
website: http://digilib.ub.ac.id


LSIH

Laboratorium Sentral Ilmu Hayati adalah tempat pelayanan kegiatan ilmiah bagi sivitas akademika dan berfungsi melakukan koordinasi penelitian dalam bidang ilmu-ilmu hayati dan bekerja sama dengan Jurusan/Program Studi.

info selengkapnya mengenai LSIH dapat diakses di web LSIH

Laboratorium Biosains

LABORATORIUM BIOSAINS Universitas Brawijaya (LBioS UB) merupakan Laboratorium riset berbasis pada Good Laboratory Practice (GLP) for production dan Good Manufacturing Practice (GMP), yang dibentuk dengan SK Rektor dalam mewujudkan laboratorium riset terpadu dalam rangka mengakomodasi sinergi A-B-G (Academy-Business-Government). LBioS UB adalah salah satu unit enterpreneur UB menuju World Class Enterprenerurial University.

Dasar Pemikiran, Visi dan Misi LBioS UB

Universitas Brawijaya (UB) mempunyai  VISI menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan  menyelenggarakan proses pendidikan agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan/atau profesional yang bermutu serta berkepribadian/berjiwa entrepeneur, melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Disisi lain, kemajuan global di bidang Iptek kesehatan, gizi dan obat-obatan, khususnya yang menerapkan bioteknologi, akan meningkat pesat. Tantangan dan peluang yang besar di era globalisasi ini membutuhkan pembangunan Iptek kesehatan, gizi dan obat secara lebih terarah dan sistematik. Dengan mengacu pada rancangan induk penelitian (RIP) UB periode tahun 2012-2025, perlu dukungan adanya laboratorium yang berstandar GLP dan GMP sebagai sarana pendukung kegiatan riset terpadu.

Pembangunan LBioS UB melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Government) untuk mendukung industrialisasi Produk Riset universitas (Academy) dengan standar produksi skala Industri dan dapat dilakukan kerjasama dengan industri (Business) sehingga dapat memenuhi standar produk yang ditetapkan Badan POM RI (Government) dan WHO (Standar Internasional).

Visi

Visi LBioS-UB adalah menjadi institusi penyelenggaran riset terpadu, pelatihan, pengujian dan pengembangan bahan dasar produksi industri biologis berstandar nasional dan  internasional .

Misi

  1. Mengembangkan dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada masyarakat luas.
  2. Meningkatkan kemampuan inovasi dan kualitas  SDM dan peneliti yang profesional.
  3. Memfasilitasi proses dan kegiatan pelaksanaan  penelitian bagi para peneliti UB dan non UB
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi dan industri  dalam dan luar negeri dibidang penelitian, pelatihan, pengujian, dan proses produksi di bidang terkait.


Alamat Kontak

Laboratorium Biosains

Office: Gd. LSIH UB Lantai 1
Jalan Veteran 65145
Phone: 62-314 - 578248
e-mail: biosains@ub.ac.id
website: biosains.ub.ac.id

Unit TIK

 

Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan unit yang bertanggung jawab dalam pengkajian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi Universitas Brawijaya serta melakukan pengelolaan dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi kepada segenap civitas akademika Universitas Brawijaya.

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Di era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam berbagi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang sangat positif dalam berbagai hal, di antaranya : pendukung pengambilan keputusan; peningkatan efisiensi dan produktivitas; penunjang aktivitas pekerjaan dan belajar; dan bahkan dapat meningkatkan mutu hidup manusia. Peranan teknologi informasi dan komunikasi akan semakin meningkat seiring perkembangan jaman dan hingga akhirnya menjadi elemen dasar dalam kehidupan mahluk penghuni bumi ini.

Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan juga sangat besar, khususnya dalam hal penunjang proses belajar-mengajar dan efisiensi pekerjaan akademik maupun administratif. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan sudah selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Penetrasi dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi pada perguruan tinggi akan memberikan dampak yang sangat positif serta diharapkan memberikan efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam bidang akademik dan administratif. Selain itu, dengan implementasi dan adaptasi teknologi informasi dan komunikasi diharapkan juga agar perguruan tinggi tersebut mampu terus bersaing dalam kancah persaingan dunia pendidikan di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Universitas Brawijaya sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia sudah sejak beberapa tahun terakhir ini melakukan implementasi dan adaptasi teknologi informasi dan komunikasi. Berawal dari Unit Pelayanan Teknis Pusat Komputer, kemudian berkembang dengan hadirnya Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi (UPPTI) dan Unit Pelayanan Teknis Pusat Pengembangan E-learning (PPE), prasarana jaringan komputer yang cukup memadai telah terpasang. Hubungan ke jaringan internet, dan layanan berbasis web seperti website dan email juga telah tersedia. Dengan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki lembaga-lembaga di atas, berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi juga dikembangkan, diimplementasikan, dan telah digunakan. Selain itu keberhasilan Universitas Brawijaya dalam menjalin berbagai kerja sama dengan pihak asing dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi juga telah memberikan dampak positif bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Universitas Brawijaya dan juga membuat "pamor" Universitas Brawijaya dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi dengan riset teknologi informasi dan komunikasi yang terkemuka.

 

Visi dan Misi

Visi Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi Universitas Brawijaya :

  • Menjadikan Universitas Brawijaya sebagai universitas yang terkemuka dan mampu bersaing melewati batas wilayah nasional dalam hal pengembangan, penerapan, pelayanan, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Misi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi Universitas Brawijaya :
  • Menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana penunjang yang memberikan percepatan bagi kemajuan Universitas Brawijaya.
  • Menyelenggarakan proses pendidikan berbantuan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menyediakan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terpadu untuk mendukung proses kegiatan akademik, administrasi, penelitian, dan proses belajar mengajar.

Alamat Kontak

ICT Unit(Information and Communication Technology)

Office: Gd. Rektorat Lama Lt II Universitas Brawijaya
Jalan Veteran 65145
Phone: 62-314 - 575820
e-mail: -
website: bits.ub.ac.id


Unit Bahasa

Laboratorium bahasa yang pada tahun 1993 berubah menjadi UPT Bidang Studi bahasa Inggris dan sekarang dikenal sebagai UPT Bahasa bertujuan untuk membantu para dosen dan mahasiswa agar dapat menguasai bahasa asing, khususnya bahasa inggris serta membantu calon peserta yang akan melanjutkan studi ke luar negeri.
Sebagai pusat bahasa yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa civitas akademika Universitas Brawijaya serta sebagai pusat pelayanan bahasa yang berkualitas modern, UPT Bahasa saat ini telah mengerjakan 2 program utama, yaitu: peningkatan efisiensi serta kualitas atmosfir akademik dan peningkatan kualitas layanan. Program pertama merupakan program perbaikan alat bantu belajar mengajar, termasuk perbaikan fasilitas laboraturium bahasa dan fasilitas SAC. Program kedua merupakan program peningkatan kualitas staf administrasi dan staf akademik dalam wawasan manajerial maupun akademik.

UPT Bahasa pada tahun 2006-2007 mendapat PHK TPSDP yang dimanfaatkan untuk pengembangan mutu dan relevansi serta manajemen internal. Sementara itu, Program Studi Sastra Inggris mendapatkan PHK SP4 Batch 3 2006-2007. Saat ini ijin dari Dikti untuk Program D3 Bahasa Jepang dan Bahasa Prancis sudah turun. Hal ini merupakan hal positif untuk meningkatkan performa program.

Kegiatan rutin kursus Bahasa Mandarin, Jepang, Prancis, Inggris dan Korea semakin berkembang. Hal ini terlihat dengan semakin banyak dan beragamnya latar belakan peserta kursus. Begitu pula dengan program rutin adaptasi mahasiswa Fakultas Kedokteran yang berasal dari Malaysia, pada tahun 2006-2007 ini telah memasuki tahun keempat.

Alamat Kontak

UPT Bidang Studi Bahasa

Kantor: Gedung Kantor Pusat Lama Lantai II
Jalan Veteran 65145
Telepon: 0341 551611, 0341 575777 Pes. 309,
langsung: 0341 575822,
Fax. 0341 575822
e-mail: uptbahasa[at]ub.ac.id
Website http://www.fib.ub.ac.id/UPT_Bahasa/


Unit LMKU

Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) Universitas Brawijaya, berdasarkan SK Rektor Nomor: 100/SK/2002 bertugas membina mata kuliah Kelompok Pengembangan Kepribadian (MPK) baik SDM maupun substansi dan metodologinya, mengkoordinasi dan mendistribusi para pengajarnya ke fakultas-fakultas/program studi di Universitas Brawijaya.

Mata Kuliah Kelompok Pengembangan Kepribadian yang dikelola oleh UPT MKU adalah:

  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. Pendidikan Kewarganegaraan (dulu Kewiraan)

Visi kelompok MPK di Perguruan Tinggi (termasuk di Universitas Brawijaya) adalah menjadi sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan Program Studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya. Sedangkan misi Kelompok MPK bertujuan untuk membantu Mahasiswa agar mampu mewujudkan nilai dasar agama dan kebudayaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan. Kompetensi kelompok MPK bertujuan untuk menguasai kemampuan berpikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual.

I. Kelompok MPK sebagai bagian dari SKS
  • Ketiga mata kuliah MPK (Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Kewarganegaraan) masing-masing berbobot 3 sks, bersifat sebagai mata kuliah wajib ditempuh dan terkreditkan dengan nilai minimal C.


II. Hubungan UPT MKU dengan Fakultas

  1. UPT MKU bertugas untuk mengkoordinasi dosen MKU.
  2. UPT MKU menyusun pembagian tugas dan distribusi Dosen ke Fakultas sesuai dengan permintaan fakultas.
  3. UPT MKU memantau kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan oleh Dosen kelompok MPK di masing-masing fakultas/jurusan/program studi.

Contact Address

UPT Mata Kuliah Umum

Kantor: Gd. Rektorat Lama Lt I Universitas Brawijaya
Jalan Veteran 65145
Telepon: 0341 551611, 0341 575777 Pes. 310
e-mail: mku[at]ub.ac.id
website: http://mku.ub.ac.id/


Unit Penerbitan

Unit Penerbitan Universitas Brawijaya (UB Press) adalah lembaga penerbitan yang mencetak dan menerbitkan bermacam buku dalam bentuk fisik maupun elektronik (e-book). UB Press adalah penerbit elektronik pertama dan terbesar di Indonesia. Info selengkapnya mengenai UB Press bisa diakses di ubpress.ub.ac.id

Unit JPC

JPC merupakan salah satu institusi di Universitas Brawijaya yang bertujuan menyiapkan mahasiswa dan alumni  menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Secara kelembagaan JPC diakui keberadaannya sejak tahun 1995, namun kegiatannya belum maksimal. Mulai  tahun 2002 menjadi penting sesuai program rektor untuk mengantisipasi meningkatnya kompetisi peluang kerja.

Kualitas Universitas seringkali dihubungkan dengan cepat tidaknya lulusannya terserap lapangan kerja. Oleh karena itu JPC menjawab tantangan yang berkaitan dengan mempersiapkan mahasiswa dan alumni terjun di dunia usaha dan Industri.

Visi

Sebagai pusat Informasi bursa kerja dan pelatihan serta pengembangan dalam mempersiapkan mahasiswa dan alumni mampu bersaing di lapangan kerja pada era globalisasi.

Misi

  1. Menyiapkan mahasiswa dan alumni sesuai standart kompetensi di dunia usaha dan industri
  2. Menciptakan jaringan kerja antara lembaga pendidikan tinggi, unit pelatihan, industri, dan masyarakat pengguna lulusan baik dalam maupun luar negeri.
  3. Memberikan pemahaman jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa dan alumni untuk meningkatkan penciptaan dan pertumbuhan wirausaha baru.

Tujuan  JPC

  1. Menjadi pusat informasi  mahasiswa dan alumni tentang peluang kerja.
  2. Menjadi pusat pelatihan dan pengembangan dalam mempersiapkan mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja.
  3. Membantu alumni dalam menentukan dan menemukan karir, baik sebagai pegawai, ataupun wirausaha (entrepreneurship)
  4. Menjadi fasilitator antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri dalam skala nasional maupun internasional.

Service

Guna mencapai misinya, JPC-UB membentuk dan mengembangkan tiga divisi, yaitu :

  1. Kerja Sama dan Pengembangan
  2. Rekruitmen
  3. Pelatihan dan Konsultasi

Divisi Kerja Sama dan Pengembangan

Divisi ini akan menjalin kerja sama dengan DUDI (Dunia Usaha  Dan Industri) dalam kaitannya dengan pengumpulan informasi yang membantu mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja. Proses pengembangan jalinan kerja sama dilakukan secara berkesinambungan dan terencana.

Divisi Rekruitmen

Divisi ini bekerja membantu mahasiswa dan alumni menemukan karir dengan memfasilitasi perusahaan penyedia lapangan kerja sesuai kompetensi profesi yang ditetapkan.

Divisi Pelatihan dan Konsultasi

Divisi ini menangani program-program pelatihan dan pengembangan mandiri yang diselenggarakan JPC secara rutin setiap tahun, disamping itu juga menyelenggarakan program pelatihan hasil kerja sama dengan pihak lain yang berkompeten di bidangnya. Untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja sesuai dengan kompetensi yang ada. Divisi ini juga memberikan layanan konsultasi bagi mahasiswa dan alumni yang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan.

Kontak

Job Placement Center
Universitas Brawijaya
jpc.ub.ac.id

Jl. Veteran Malang Telp. 0341 583787 Fax. 0341 575453
Telp. 0341 551611 Pes. 130
Email: jpc[at]ub.ac.id.