Groundwater Festival – Water Day 2022

Himpunan Mahasiswa Pengairan Proudly Present

GROUNDWATER FESTIVAL TALKSHOW
-WATER DAY 2022-
Air Tanah Demi Masa Depan
“Satu Langkah Pasti Menuju Air Tanah Terlindungi”

Water Day merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Pengairan untuk memperingati Hari Air Sedunia yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret. Acara Water Day ini memiliki hal-hal yang harus diwujudkan diantaranya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga air, melakukan aksi nyata dalam perwujudan konservasi air, dan terbentuknya wadah diskusi mengenai air serta hiburan bagi masyarakat. Pada ajang Water Day tahun 2022 ini bertemakan “Air Tanah Demi Masa Depan”.

Water Day tahun ini memiliki tiga sub acara yaitu Groundwater Campaign, Groundwater Project, dan Groundwater Festival. Dari tiga sub acara ini yang sudah terealisasikan adalah Groundwater Campaign dan Groundwater Project. Groundwater Campaign yang merupakan kegiatan kampanye secara online berupa konten edukatif di media sosial dan secara offline dengan memberikan pemahaman bagi para pelajar mengenai pentingnya air tanah. Dilanjutkan dengan sub acara Groundwater Project yang berisikan kegiatan edukasi secara langsung ke masyarakat terkait air tanah dan aksi nyata berupa konservasi seperti melakukan penanaman pohon serta pemasangan biopori dan drumpori.

Rangkaian Acara Water Day 2022 diakhiri dengan sub acara Groundwater Festival. Groundwater Festival adalah kegiatan berupa talkshow dan hiburan. Groundwater Festival merupakan perayaan puncak sekaligus penutupan dari Water Day 2022 yang berisikan wadah diskusi dan hiburan bagi masyarakat. Dengan adanya sub acara ini diharapkan masyarakat memahami kondisi dan permasalahan air tanah serta cara untuk mengatasinya agar masyarakat sendiri bisa menjaga kelestarian air tanah sesuai dengan tagline Groundwater Festival 2022 yaitu “Satu Langkah Pasti Menuju Air Tanah Terlindungi”.

Pada Groundwater Festival terdapat dua acara pokok yaitu Tiktok Challenge dan Groundwater Festival Talkshow. Tiktok Challenge merupakan perlombaan pembuatan konten dengan tema “Air Tanah Demi Masa Depan”. Tiktok Challenge ini memiliki nama yaitu “I Challenge You”. Perlombaan ini meliputi pembuatan konten yang dikemas secara kreatif dan menyertakan promosi kegiatan Groundwater Festival Talkshow. Perlombaan ini juga berkolaborasi dengan content creator untuk ikut mempromosikan Groundwater Festival Talkshow.

Groundwater Festival Talkshow diadakan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai permasalahan air tanah dengan melibatkan beberapa tokoh kompeten dalam bidang yang dibahas. Topik yang diangkat pada sesi talkshow adalah “Kerentanan Air Tanah Akibat Perkembangan Pembangunan” dan “Peran Pemerintah dan Aksi Masyarakat Mengatasi Kerentanan Air Tanah”. Kegiatan ini berkolaborasi dengan beberapa pihak yang ikut memeriahkan dan bertujuan menghibur penonton. Hiburan pada kegiatan ini berupa penampilan musik dari talent dan penampilan stand up comedy oleh Guest Star yang diundang. Selain menghibur peserta talkshow, hiburan juga ditujukan menarik minat publik untuk ikut serta dalam  acara ini.

Acara Groundwater Festival Talkshow sendiri akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 27 Maret 2022
Waktu : 08.00 WIB s.d selesai
Lokasi : Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube
Fasilitas : Free + E-Certificate

Untuk link pendaftaran dapat dilakukan melalui bit.ly/PendaftaranGroundwaterFestivalTalkshow

terkait Tiktok Challenge, pendaftaran dapat dilakukan melalui https://bit.ly/PendaftaranIChallengeYou

Contact Person :
081216253093 (Izza Elmila)
089679323954 (Maya Handini)

 

WATER DAY TIK-TOK CHALLENGE

 

To get more information
—————————
OUR SOCIAL MEDIA
Instagram : @waterday.2022
Twitter : waterday_2022
Tik-Tok : waterday.2022
YouTube : HMP FT-UB

#WaterDay2022
#AirTanahDemiMasaDepan
#WorldWaterDay
#HariAirDunia
#HMPFTUB