Dalam rangka pemenuhan kebutuhan instrumen APT versi 3.0 dengan 9 kriteria, bagi seluruh civitas akademika UB (dosen, karyawan, mahasiswa) maupun masyarakat umum, mari berpartisipasi dalam menilai kualitas layanan di Universitas Brawijaya.
Caranya mudah, silahkan klik link google form di bawah ini sesuai profesi/status anda dan asal instansi. Kemudian berilah penilaian layanan yg pernah anda rasakan di masing-masing Fakultas maupun unit kerja di lingkungan UB.

Topik Utama

Dosen Fapet Ajari Siswa SMP Daur Ulang Limbah

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Dr. Kuswati dan Dr. Tri Eko Susilorini memberikan bimbingan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Permata Jingga (PJ) Global School Malang. Pasalnya siswa yang merupakan kelas VII dan VIII ini sedang membuat karya tulis berupa study lapang mengenai "Zero Waste Industrial House System". Bersama guru pendamping Qibthiyah Savitri, S.S, tim yang terdiri dari Kinanti Diah Prameswari, Shalih Cantara Abyan, M. Kensya Kussyahputra Hidayatullah, Azkadhi Putra Wibowo, Andini Safa Aulia Difitri, dan Sulthan Athallah Mariono, mengusung karya tentang biogas.

Dosen Elektro UB Ajarkan Panen Energi di India

Fakultas Teknik UB terus mempererat kerjasama dengan luar negeri. Kali ini salah satu dosen Teknik Elektro, Rudy Yuwono, ST., MSc menerima undangan dari Avinashilingam Institute for Home Science and Higher Education for Women, Coimbatore, Tamil Nadu, India pada 9-10 Januari 2020. Di universitas khusus perempuan ini Rudy menjadi pemateri di dua fakultas, School of Engineering dan Department of Computer Science School of Physical Sciences & Computational Sciences. Di depan puluhan mahasiswa S1, S2, dan S3, Rudy memberikan materi terkait penelitianya tentang Energy Harvesting using RECTENNA. Penelitian ini ia kerjakan bersama dua rekannya Ir Endah Budi Purnomowati, MT (dosen Teknik Elektro UB) dan Aisah, ST. MT (Dosen Elektro Telekomunikasi Polinema). RECTENNA, atau Rectifier Antenna sendiri merupakan alat untuk mengubah gelombang elektro magnetik yang ada di udara menjadi  listrik AC lalu kemudian diubah menjadi DC menggunakan rectifier. “Diubah menjadi DC agar mudah disimpan ke baterai, jadi kita bisa mudah memanen listrik dari udara,” ujar pakar antenna ini.

Mahasiswa UB Raih Prestasi Internasional

Dua mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Alwan Afif Fadhillah (FP) dan Fery Martasonar(FT) meraih Gold Medal dan Grand Award dalam ajang International Science Technology and Engineering Competition (ISTEC) yang diadakan selama empat hari (12/1-16/1/2020) di Graha Pos Indonesia Bandung.Dalam kompetisi tersebut mereka mengangkat pemanfaatan Alga Hijau sebagai katalis untuk mendukung produksi hidrogen dan meningkatkan efisiensi elektrolisis air. Hidrogen yang dihasilkan dapat digunakan sebagai energi alternatif pembangkit listrik.Alwan menjelaskan dalam pembuatan alga menjadi katalis melalui proses dehidrasi, karbonisasi, dan aktivasi. "Proses dehidrasi dilakukan dengan memanaskan bahan baku untuk menghilangkan kandungan air. Sedangkan proses karbonisasi dilakukan dengan memanaskan bahan baku melalui suhu 450 derajat celcius untuk memisahkan bahan non karbon yang terperangkap dalam bahan baku, dan proses aktivasi dilakukan dengan merendam bahan baku di larutan KoH untuk memperoleh karbon yang berpori dan luas permukaan yang besar dapat diperoleh dengan cara mengaktivasi bahan,"kata Alwan.ISTEC merupakan kompetisi ilmiah tingkat internasional yang diadakan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dengan mengangkat tema "Science, Technology, and Engineering" yang bertujuan untuk mempertemukan inovator-inovator muda berprestasi melalui penemuan-penemuan hebat dalam menunjang persaingan di kancah dunia. Kompetisi tersebut diikuti 14 negara yaitu Indonesia, Turkmenistan, Afrika Selatan, Turki, Thailand, Malaysia, Brasil, Filipina, Sri Langka, Oman, Vietnam, Paraguay, dan Pakistan. [*/Humas UB]

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
774
Doktor
153
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS