• Welcome to UB
  • Join us and be a part of our vision
  • Become an outstanding world class university
  • Through a quality education, continuity research and community service
  • for building up noble future
  • and developing national networking from UB for Indonesia

Topik Utama

PKM-PSH: Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Rasa Nasionalisme

Dalam rangka "Workshop In 1 Persiapan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019 SMAN 06 Malang", tiga Mahasiswa FIB UB, Supadi Noval Eka Prasetyo (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Hidayatul Mahmudah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Risma Ulaningrum (Pendidikan Bahasa Inggris) berbagi inovasi kreatif mereka dalam merancang media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa serta KBM di SMAN 06 Malang pada tahun pelajaran berikutnyaa. Inovasi media pembelajaran ini merupakan penerapan Prgram Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH). PKM-PSH mereka berjudul "INOVASI SANG JUARA: Pengembangan Media "Fitrah Indonesia" Berbasis Metode "Mata Sang Juara" untuk Membangkitkan Rasa Nasionalisme melalui Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa SMA ". Konten media pembelajaran yang dikembangkan oleh ketiga mahasiswa tersebut memuat materi-materi pembelajaran, video terkait permasalahan nasionalisme remaja masa kini, sekaligus video tentang remaja yang memiliki kecintaan terhadap tanah airnya, dan penugasan. Inovasi ini didasari oleh mulai lunturnya rasa nasionalisme remaja di era sekarang.

OGLA: Penyedap Rasa dari Ekstrak Pindang yang Aman Dikonsumsi

Keraguan masyarakat dalam mengkonsumsi penyedap rasa ber-MSG yang lebih familiar dengan sebutan Micin telah banyak mengundang kontroversi. Hal ini terkait dampak akut ataupun kronis yang ditimbulkannya. Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah mengakui bahwa MSG hanya akan aman apabila dikonsumsi dalam takaran yang sesuai, namun dapat menimbulkan alergi terhadap orang yang berkebutuhan khusus atau sensitif terhadap MSG. Berangkat dari hal itu, lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) dengan bimbingan dosen Muhammad Fakhri, SPi., MP., M.Sc mencoba mencari terobosan baru untuk mengatasi persoalan tersebut. Mereka adalah tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang beranggotakan Bagas Prasetya, Faizatus Sholihah, Alfin Bagaswara Pratama, M. Fadhel Bolkiah dan Ipin Orshella Nurwilis.

Halal Bihalal Keluarga Besar FPUB

Hari pertama masuk kerja dan dalam rangka merayakan Idul Fitri 1439 H, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) menggelar "Halal Bihalal dan Silaturahmi Keluarga Besar FPUB", di Lobby Utama Gedung Sentral  pada Kamis (21/06/2018). Hadir dalam acara tersebut Dekan beserta jajaran pimpinan Fakultas dan Jurusan, ketua Unit , ketua laboratorium serta Pimpinan administrasi, Dosen, staff tendik  juga dosen dan tenaga kependidikan purna tugas. Turut hadir juga Rektor UB periode sebelumnya yaitu  Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno dan Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito.

UB dalam angka

16
Fakultas
168
Program Studi
13259
Mahasiswa Baru
719
Doktor
141
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS