Topik Utama

Telah Berpulang ke Rahmatullah: Dr. Liliya Dewi Susanawati, ST. MT.

Kabar duka menghampiri Universitas Brawijaya. Dr. Liliya Dewi Susanawati, ST. MT., dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya telah meninggal dunia pada Kamis, (21/03/2019), pukul 16.30 WIB di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM). Dr. Liliya Dewi Susanawati, ST. MT., yang lahir pada 12 Mei 1976 di Madiun merupakan dosen Prodi Teknik Lingkungan di Jurusan Keteknikan Pertanian - FTP, dengan jabatan akademik sebagai Lektor. Dr. Liliya telah mengabdi di Universitas Brawijaya sejak tahun 2008. Selain sebagai dosen, Dr. Liliya juga menjabat sebagai Ketua Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan (LAB. TSAL) FTP - UB. Almarhumah yang juga merupakan istri Wakil Rektor I UB periode 2007 - 2011 sekaligus anggota Senat Komisi A UB, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS. ini meninggal dunia setelah dirawat di RS UMM karena kanker. Setelah dimandikan, almarhumah langsung diberangkatkan untuk dimakamkan di Pemakaman Islam Madiun. [dse/Humas UB]

Mahasiswa FISIP Raih Juara II Lomba "Yuk Nabung Saham"

Satrio Dimas Mahendro, Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tahun 2015 berhasil menyabet  juara 2 di ajang  lomba "Yuk Nabung Saham" Kantor Perwakilan Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia berhasil membawa pulang emas seberat 5 gram.Bermula dari ketertarikannya menonton berita ekonomi, kini menjadi hal yang serius ia tekuni.Mendapatkan informasi lomba dari instagram @indonesiastockexchange, tanpa pikir panjang, ia langsung mendaftarkan diri.Lomba ini berlangsung selama sembilan bulan dimulai dari bulan Maret hingga November 2018. Cara mengikuti lomba "Yuk Nabung Saham" dengan menabung saham yang dinilai adalah return of investmen, yaitu suatu bentuk dari rasio profitabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanamkan."Misalkan, hari ini saya menabung saham Rp 4000 di perusahaan Unilever, lalu satu bulan kemudian naik menjadi Rp 8000, nah itu profitnya sudah 100%, harus pinter-pinter memainkan itu. Selain itu juga sering-sering nabung saham, itu frekuensinya juga dihitung." jelasnyaTahap awal sebelum memulai lomba, peserta harus membuka rekening "Dana Investor" di Bank Mandiri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB).

Faiz Arsyad, Duta GenRe dari UB Kediri

"Saatnya yang muda yang berencana" begitulah jargon Duta GenRe (Generasi Berencana) yang diucapkan oleh Faiz Arsyad, mahasiswa Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis UB Kediri angkatan 2016 yang berhasil meraih Juara 1 pemilihan Duta Genre Kota Kediri 2019. Kegiatan ini diselenggarakan pada (16/03) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri. Tujuan dari diselenggarakannya ajang Duta Genre tersebut yakni untuk membentuk pemuda panutan untuk pemuda yg lain di Kota Kediri dan memberikan sebuah edukasi mengenai program generasi berencana dari BKKBN kepada para pemuda. Edukasi ini ditujukan agar para pemuda terhindar dari segala resiko Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) meliputi seksualitas, HIV/AIDS, dan Napza, karena remaja adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Faiz. Pasalnya ia menjadi salah satu perwakilan dari Universitas Brawijaya Kampus Kediri yang mampu menyisihkan 150 peserta melalui berbagai proses seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi tertulis, seleksi wawancara, karantina, dan grand final. Ia memaparkan bahwa pada bulan April mendatang Ia akan melanjutkan pemilihan Duta GenRe tingkat Jawa Timur mewakili Kediri.

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
743
Doktor
138
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS