Topik Utama

Redam Intoleran, UB Selenggarakan Moral Camp

Sebanyak 50 mahasiswa lintas fakultas Universitas Brawijaya (UB) mengikuti kegiatan Moral Camp di Dusun Jamuran Sukodadi Wagir Kabupaten Malang. Kegiatan yang diadakan selama tiga hari (18/10-20/10/2019) tersebut bertujuan agar mahasiswa belajar toleransi antar agama dengan warga sekitar. Dosen Pendamping Moral Camp Mohammad Anas menjelaskan Dusun Jamuran Sukodadi Wagir dipilih sebagai lokasi kegiatan karena menjadi percontohan desa paling tinggi tingkat toleransi bermasyarakatnya. Di Desa Sukodadi kecamatan Wagir terdapat berbagai agama yang saling hidup berdampingan. "Pemeluk agama mayoritas di desa ini ada yang Islam, Hindu, Kristen, dan Katolik. Bahkan ada tiga tempat ibadah di dusun tersebut,"kata Anas. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat belajar langsung mengenai kehidupan toleransi dan kerukunan beragama di masyarakat.

Pegawai UB dapat Mengakses Informasi Gaji melalui SIGAP

Untuk memudahkan pegawai Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan informasi mengenai perincian gaji, maka Biro Keuangan UB membuatkan aplikasi Sistem Informasi Gaji Pegawai (SIGAP). SIGAP disosialisasikan kepada pegawai Kantor Pusat UB, Rabu (16/10/2019). Kepala Biro Keuangan Drs. Sagiya menuturkan, dengan menggunakan SIGAP, pegawai dapat melihat perincian gaji mulai dari gaji pokok, tunjangan, serta potongan baik berupa simpanan wajib koperasi, BPJS, maupun pinjaman. "Dengan begitu, masing-masing pegawai dapat mengetahui berapa jumlah gaji bersih yang diterima setiap bulan. Perincian tersebut juga bisa dicetak untuk keperluan masing-masing pegawai," katanya.

UB Kenalkan Badan Inkubator Wirausaha di JP Hello Campus

Universitas Brawijaya (UB) mengenalkan Badan Inkubator Wirausaha (BIW) di JP Hello Campus, yakni pameran kampus yang diselenggarakan Jawa POS dan berlangsung di  Tunjungan Plaza Convention Center Surabaya mulai 17 sampai 20 Oktober 2019. BIWUB dalam pameran itu memperkenalkan 20 tenant binaannya, antara lain produk PPCM Elbimon yaitu alat pemantau penggunaan daya listrik yang dibuat oleh dosen FT Akhmad Zainuri, ST.MT. dan telah dipakai di berbagai instansi sejak 2012. Selain Elbimon ada juga Loakin.go yaitu usaha loak kertas berbasis IT, Chizzu produk keju mozzarella, Phy.co buah ciplukan yang diolah menjadi cipbar, Sambeleo sambal yang memiliki cita rasa khas dari bahan campuran ikan, cumi dan rajungan, Sekaraya produk racikan bunga telang lokal dan rempah untuk menurunkan stres dan menjaga daya tahan tubuh, serta Senjani catering berlangganan berbasis aplikasi.

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
743
Doktor
138
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS