Topik Utama

UB Persiapkan Sertifikasi ISO 9001:2015

Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM-UB) menyelenggarakan Executive Briefing of ISO 9001:2015, Selasa (26/03/2019). Acara ini digelar dalam rangka penyusunan program sertifikasi ulang ISO 9001 tahun ini. Sebelumnya, UB telah menerapkan sertifikasi ISO 9001 sejak tahun 2011 dengan versi 2008, dan saat ini akan diperbaharui ke versi 2015 dengan badan sertifikasi yang sama, yaitu Lloyd's Register Quality Assurance (LRQA) Indonesia. Kegiatan ini dipimpin oleh Assessor Manager LRQA Indonesia Erisman Soediman. Ia menyampaikan, sebagai persiapan menuju sertifikasi diperlukan penyamaan persepsi dan pemahaman yang baik bagi para pengambil kebijakan di UB. Untuk itu, acara yang digelar di Gedung Rektorat Lantai 8 ini dihadiri segenap pimpinan Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Ketua SPI, Sekretaris BPU, Para Direktur Utama Badan Usaha dan Unit Usaha di UB.

Menuju Standar Internasional Melalui ICEL

International Conference on Advances in Education, Humanities and Languages (ICEL) yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) dibuka secara resmi oleh Prof. DR. drh. Aulanni'am, DES sebagai Wakil Rektor I UB pada Sabtu (23/3/2019). Dalam sambutan yang disampaikan dihadapan 160 pembicara dan 270 peserta dari berbagai negara, Wakil Rektor I UB menyampaikan, "Event internasional seperti ini dalam rangka memajukan dan meningkatkan  keilmuan masing-masing". Tari Topeng Patih yang dibawakan oleh empat penari dari padepokan tari Asmoro Bangun serta penampilan paduan suara FIB UB, E-Lite Voice, yang menyenandungkan lagu Indonesia Pusaka dan Paris Barantai turut dihadirkan dalam acara pembukaan ICEL.

PPL, Implementasi MoU antara UB dan HU

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menerima mahasiswa Kaigai Kyouiku Jisshu (Praktek Pengajaran Lapangan di Luar Negeri) dari Hiroshima University (HU) yaitu Kobayashi Mone. Kobayashi Mone merupakan mahasiswa Program Pengajaran Bahasa Jepang sebagai Bahasa Kedua di HU. "Saya harap melalui program PPL ini, saya mendapat keterampilan mengajar Bahasa Jepang dan memahami bagaimana mahasiswa asing belajar Bahasa Jepang di luar negeri,"katanya. Kegiatan PPL tersebut dilaksanakan selama tiga minggu, pada bulan Februari-Maret 2019 di Program Studi Sastra Jepang FIB UB. Pada minggu pertama, mahasiswa PPL melakukan sit in di kelas yang diajar oleh native speaker dari Jepang yaitu di kelas Ogawa Yuki.

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
743
Doktor
138
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS