Topik Utama

Gerak Jalan Nuansa Kebudayaan Indonesia Perayaan Dies Natalis FILKOM Ke-6

Merayakan hari jadinya yang ke enam, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan gerak jalan pada Minggu (19/11/2017). Acara ini diikuti seluruh keluarga besar FILKOM baik dosen, karyawan maupun mahasiswa. Tema yang diangkat pada gerak jalan tahun ini adalah ‘Youth Culture’. Tema tersebut merupakan perwujudan tentang budaya yang diberikan sentuhan semangat generasi muda masa kini. Dengan kata lain mengangkat kebudayaan khas Indonesia yang disajikan dengan cara modern sehingga bisa dinikmati oleh segala kalangan.

Mahasiswa Thailand Peserta Program Darmasiswa RI di FIB UB Menyabet Juara I Lomba Pidato Nasional Bahasa Indonesia

Habibuddeen Luebaeteh asal Thailand merupakan mahasiswa Program Darmasiswa RI di Divisi Bahasa, Lab Ilmu Humaniora, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) memenangi lomba Pidato Nasional Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Lomba yang diadakan tepat pada hari Sabtu (11/11/2017) tersebut diselenggarakan untuk memperingati Bulan Bahasa dan Seni 2017, dan Dies Natalis ke-53 Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Bertempat di Auditorium Gedung Rektorat Unesa, Kampus Lidah Wetan, lomba Pidato Nasional ini diikuti oleh 15 peserta mahasiswa dari berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Jepang, Tiongkok, dan Afghanistan. Mereka adalah peserta program BIPA dari berbagai kampus di Jawa Timur.  Pada kompetisi tersebut judul yang diambil oleh Habib sama dengan tema lomba yaitu "Saya Suka Indonesia". Dalam pidatonya, Habib menjelaskan alasan-alasan mengapa dia suka Indonesia. Habib menyebutkan tiga hal yang paling dia suka tentang Indonesia yaitu orang Indonesia, makanan yang enak dan murah, serta keindahan alam Indonesia.

Prof. Fatchiyah Jadi Honorable speaker Dalam International Conference on Obesity and Weight Loss

Direktur Institut Biosains UB Prof. Fatchiyah, MKes,PhD diundang sebagai honorable speaker pada acara International Conference on Obesity and Weight Loss pada (6/11-8/11/2017) di Barcelona, Spanyol. Prof Fatchiyah yang juga menjadi chairwoman di hari pertama konferensi menyampaikan hasil riset nya selama tiga tahun terakhir dengan judul "The Biological function of the Bioactive peptide of Alpha-S2 Casein Goat Milk Prevent AGEs and RAGE Interaction in Cellular Mechanism".  Dalam presentasinya, dia menjelaskan bahwa nutrisi, interaksi, gaya hidup dan faktor genetik memodulasi jalur molekuler pada manusia terkait dengan pengembangan penyakit kronis. Komposisi gizi sehat dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, obesitas, dan diabetes mellitus tipe 2 karena memperbaiki kelainan mekanisme molekuler pensinyalan.

UB dalam angka

15 Fakultas
167 Program Studi
13182 Mahasiswa Baru
727 Doktor
141 Guru Besar
6 Juara Umum PIMNAS