Topik Utama

Program Green Campus UB Tidak Hanya Sekedar Hijau

Konsep Green Campus saat ini tidak serta merta menjadi salah satu tujuan yang dicanangkan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Green campus sudah menjadi kultur yang telah mengakar dalam bagian kehidupan proses belajar mengajar di kampus, tak terkecuali bagi Universitas Brawijaya. Komitmen UB dalam membesarkan nama universitas lewat green campus tidaklah main-main. Mulai dari penghijauan lingkungan kampus, pembangunan fasilitas terbuka seperti gazebo, taman, fasilitas pejalan kaki hingga fasilitas resapan air, semua merupakan perwujudan kampus yang ramah lingkungan. Bahkan beberapa tempat di dalam kampus juga menjadi lingkungan baru yang dapat berkembang menjadi sebuah ekosistem. Hal ini sempat diungkapkan Prof Dr Ir Nuhfil Hanani Ar MS selaku Rektor UB dalam pembukaan Car Free Day yang digelar Jumat (23/8).

Simposium Internasional Kerjasama FPIK UB, Unud, dan IEICE

Dua kelompok penelitian dari Universitas Brawijaya dan Universitas Udayana CORECT dan CReSOS bekerjasama dengan Institute of Electronics, Information and Communication Engineers (IEICE)  menyelenggarakan Simposium Ilmiah Bersama Indonesia Jepang (IJJSS) 2019 di Denpasar Bali, (14/11-15/11/2019). IJJSS adalah salah satu implementasi kolaborasi antara Universitas Chiba dan universitas lain di Indonesia sejak tahun 2004. Tujuan utama dari simposium ini adalah untuk menyediakan pertemuan yang akan menegakkan kemajuan, merangsang pertumbuhan dan memajukan pengetahuan antara mahasiswa dan peneliti dari Indonesia dan Jepang dan seluruh negara di dunia. Konferensi internasional berjudul Teknologi Canggih dalam Penelitian Lingkungan merupakan simposium ke-9 tentang perubahan iklim dan manajemen lingkungan yang berkelanjutan. Terkait informasi lengkapnya bisa klik link website conference: http://corect.fpik.ub.ac.id/, beserta flyer conference: http://corect.fpik.ub.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/CORECT-IJJSS-Flyer-final_extended2.pdf    

Mahasiswa FIB UB Wakili Indonesia dalam AMICIF 2019 di Prancis

Musim panas kali ini meninggalkan kesan manis untuk Ketua Himpunan Bahasa dan Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB), Gazarasta Malibu yang berhasil menjadi bagian dari AMICIF 2019 di La Baule, Prancis. Selama kurang lebih 4 minggu, Gazarasta Malibu mengikuti beragam kegiatan yang disediakan oleh CIF. CIF (Centres Internationaux Francophones) adalah program pengenalan budaya dan bahasa Prancis, diselenggarakan oleh Lions Club de France yang ditujukan untuk para pemuda berusia 18-25 tahun dari penjuru dunia.

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
743
Doktor
138
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS