Topik Utama

Mahasiswa Fapet UB Olah Makanan dari Limbah Keju

Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang terdiri dari Yulianto Adi Perdana (2017), Isramiaty Nurma Sari (2016), Saadatin Nurul Jannah (2016), dan Ajid Alfaruki (2016) membuat olahan makanan berbahan baku whey. Yaitu cairan sisa dari proses penggumpalan dan penghilangan kasein susu selama pembuatan keju. Whey atau limbah keju ini memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, antara lain menjaga imunitas dan mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Whey cair mengandung 4% karbohidrat, 4% protein, 1% asam lemak tak jenuh, dan beberapa vitamin. Diantaranya  tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, asam pantotenik, serta mineral Ca, Mg, P, Fe, Na, Zn, dan Se. Yulianto Adi dkk membuat berbagai olahan cemilan dari whey yang diberi nama U-Wheys (Utilization Whey Waste). Produk U-Wheys antara lain cookies, chips, dan nata de whey. Pada pembuatan cookies dan chips, whey digunakan sebagai pengganti air.  "Program ini adalah program pengabdian masyarakat yang ditujukan di Desa Bambang Kecamatan Wajak - Kabupaten Blitar. Tujuannya melatih dan menumbukan jiwa intrepreneur bagi masyarakat."katanya Selain pelatihan pengolahan produk mereka juga dilatih dalam hal pemasaran secara online maupun offline. Pemasaran online memanfaatkan media sosial yaitu facebook dan instagram. Ketua Dasa Wisma mengatakan bahwa dengan adanya program pelatihan pengolahan limbah whey ini sangat membantu memberikan pengetahuan dan mengasah kreativitas. Sebab selama ini whey kurang dimanfaatkan. Harapan kedepannya dapat menambah pundi-pundi pendapatan bagi masyarakat Desa Bambang. (tim/dta/Humas UB)    

Pisah Sambut Wakil Dekan Fapet UB

Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya mengadakan serah terima jabatan (sertijab) di ruang rapat lt.6 Gd. V, Jumat (14/6/2019). Acara yang dipimpin Dekan Fapet UB Prof. Dr.Sc.agr. Ir. Suyadi, MS., IPU, ini mengundang para wakil dekan periode 2015-2019 dan periode 2019-2023, pengurus Senat, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Ka TU, Ka Minat, serta Ka Subbag. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor 4177 Tahun 2019 mengangkat Dr. M. Halim Natsir sebagai wakil dekan bidang akademik (wadek I) menggantikan Prof. Lilik Eka Radiati yang telah menjabat selama dua periode. Sementara itu wakil dekan bidang umum dan keuangan (wadek II) dijabat kembali oleh Prof. Budi Hartono yang tertuang dalam SK Rektor nomor 4178 tahun 2019. Sedangkan SK Rektor nomor 4179 tahun 2019 mengangkat Dr. Agus Susilo sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan (wadek III) menggantikan Dr. Osfar Sjofjan. Pada kesempatan tersebut Prof. Lilik Eka menyampaikan bahwa pencapaian yang telah diraih oleh Fapet UB saat ini hingga menjadi top three di Indonesia merupakan hasil usaha kerjasama bersama.

Reyog UB Pukau Pengunjung di ITM 2019

Reyog Universitas Brawijaya (UB) melakukan pertunjukkan dalam pembukaan International Tourism Fair of Madagascar (ITM) pada (13/6/2019). Di ITM 2019, KBRI Indonesia ditunjuk sebagai panitia penyelenggara oleh kementrian pariwisata madagaskar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan serta para duta besar asing. Antusiasmepenonton terlihat banyaknya kunjungan ke stan pameran pendidikan UB. Setelahtampil para pemain reyog menjadi pendamping WR3 dan dir IOUB di stand pendidikan UB.

UB dalam angka

16
Fakultas
175
Program Studi
13214
Mahasiswa Baru
743
Doktor
138
Guru Besar
6X
Juara Umum PIMNAS