Visi dan Misi

Visi

Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan/atau profesi yang berkualitas dan berkepribadian serta berjiwa dan/atau berkemampuan entrepreneur.
  2. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan profesional yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni guna mendorong pembangunan bangsa, sehingga tercipta insan-insan yang sadar bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai dan bermanfaat.
  3. Mempunyai kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Sasaran

  1. Tersedianya lulusan yang mampu bekerja sebagai ilmuwan yang profesional dan mampu mengkaji dan menganalisi secara kritis berbagai permasalahan tingkat internasional
  2. Terwujudnya kemampuan civitas akademika yang mandiri, memiliki otonom dan mampu mengarahkan dirinya.
  3. Terwujudnya mahasiswa UB yang memiliki prestasi dalam bidang akademik dan kemahasiswaan.
  4. Adanya kerjasama tingkat ASEAN, Asia dan daya saing global.
  5. Terwujudnya sistem tata kelola dan kelembagaan yang akuntabel.
  6. Adanya sarana prasarana yang memenuhi standar mutu perguruan tinggi.
  7. Dihasilkannya produk riset yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Tugas dan Fungsi

UB mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. (Sumber: OTK UB)